Sunday, December 22, 2013

Donat Ubi






Terinspirasi oleh stok ubi yang ada di kulkas. karena ubi gak bisa lama daya tahan simpannya, akhirnya membuat saya googling mencari olahan ubi. Saya tertarik dengan resepnya mbak Pici Ummu Afif dengan donat ubinya yang simple.

Saya hanya memberikan sedikit modifikasi karena saya sesuaikan dengan ubi dan selera. Karena tidak semua ubi punya rasa manis. Ubi yang saya pakai adalah ubi merah (kulitnya merah keunguan tapi isinya putih dan tidak begitu manis)

Yuk sekarang sama-sama mencobanya....

Donat Ubi
Original recipe Pici Ummu Afif
Tested and modified by Tyas Chrisna K W


Bahan :
100gr                          Ubi (di kukus sampai matang lalu haluskan)
4sdm                           Gula pasir
1sdt                             Baking powder
30gr                            Mentega
1butir                          Telur
200gr                          Terigu


Cara:
Ini dia 2 asisten sayayang ganteng di dapur ( anak dan suami hehehe....)

Aduk mentega dan gula hingga lembut, masukkan telur, aduk rata.
Masukkan ubi lalu masukkan 'tepung terigu yg diayak bersama baking powder', uleni sampai menyatu. Bungkus dengan plastik, diamkan di kulkas selama 30 menit.

Setelah 30 menit, giling dengan ketebalan 1,5 cm (jika lengket taburi alas dengan terigu sedikit), cetak. Goreng dalam minyak banyak dengan suhu kecil.
  
*jangan lupa kalau menggoreng lubang tengahnya diputar2 pake sumpit biar keliatan cantik dan lubangnya donat tidak menciut.

Selamat mencobaaa.....

1 comment:

  1. i allready join eRecipe, thank you for your information...

    ReplyDelete